10 CARA AGAR TERHINDAR DARI INSOMNIA:

Insomnia adalah salah satu gangguan tidur di mana seseorang akan kesulitan untuk tertidur.

 

Berikut adalah 10 cara terhindar dari insomnia:

1. Hindari meminum kafein
Saat menjelang tidur, Anda perlu menghindari untuk mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung kafein. Kurangi juga dalam mengonsumsi coklat, cola, teh ataupun kopi tanpa kafein sekalipun.

2. Olahraga teratur
Olahraga teratur telah terbukti dapat meningkatkan kualitas tidur, selama anda melakukannya tidak terlalu dekta dengan waktu tidur. Energi yang anda dapat setelah olahraga dapat membuat anda tetap terjaga.

3. Atur jadwal tidur

Aturlah jadwal pergi dan bangun tidur anda sama di setiap harinya. Rutinitas ini akana membuat tubuh danotak anda tetap pada siklus bangun dan pergi tidur yang sehat.

4. Hindari cahaya saat tidur

Cahaya sangat mempengaruhi proses produksi melatonin.

5. Gunakan obat tidur sesuai dengan resep dokter
Obat tidur memang sangat efektif untuk mencegah anda dari insomnia, namun berhati-hatilah karena terlalu sering menggunakannya anda akan kecanduan dan memiliki efek samping yang mengganggu.

6. Bersihkan tempat tidur
Bersihkanlah tempat tidur anda dalam jangka waktu tertentu secara teratur. Karena dengan kondisi tempat tidur yang nyaman, membuat kita mudah untuk tidur.

7. Relaksasikan pikiran anda sebelum tidur

Redakan emosi dan juga pikiran anda sekitar satu jam sebelum tidur. Mendengarkan musik atau mandi air hangat mungkin bisa menenangkan pikiran anda.

8. Gunakan bantal untuk meringankan nyeri punggung
Nyeri punggung akan sangat mengganggu tidur nyenyak anda. Solusi yang mudah adalah dengan meletakkan sebuah bantal kecil diantara kedua kaki anda saat tidur menyamping, gunanya untuk menyejajarkan pinggul dan mengurangi nyeri dibagian punggung.

9. Tempatkan leher di posisi yang netral

Hindari tidur dengan posisi telungkup karena justru akan melilitkan leher anda, sehingga akan sulit untuk terlelap.

10. Jangan merokok

Nikotin juga merupakan sebuah stimulan, sama halnya dengan kafein. Nikotin akan membuat anda semakin terjaga dan dapat memperburuk insomnia.

Itulah 10 cara supaya kita terhindar dari insomnia. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar